Presiden Yaman Melarikan Diri ke Arab Saudi

Kondisi Terbaru Yamam-Agresi Koalisi Arab SaudiSetelah meninggalkan Kota Aden, keberadaan Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi akhirnya diketahui. Presiden Hadi dilaporkan telah kabur ke Arab Saudi.b

Seperti diberitakan Saudi Press Agency, Jumat (27/3/2015), Presiden Hadi telah mendarat dengan selamat di Pangkalan Udara Kota Riyadh, Arab Saudi. Di sana, dia disambut Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dan Kepala Intelijen Umum Khalid bin Ali al Humaidan.

Lokasi keberadaan Presiden Hadi sempat tidak diketahui, setelah Kelompok Houthi berhasil menduduki ibu kota Sanaa dan dilaporkan mulai mengancam Kota Aden.

Beberapa laporan menyebutkan ia masih berada di tempat aman di Kota Aden. Namun, ada juga laporan yang mengatakan bahwa presiden yang memenangkan Pemilu Yaman 2012 itu melarikan diri ke Oman.

Sementara Presiden Hadi telah meninggalkan Pelabuhan Kota Aden dan bertolak ke Mesir untuk menghadiri KTT Liga Arab di sana.

Seperti diberitakan, kondisi pemerintahan Yaman sedang bergejolak. Setelah Kelompok Houthi dan Syiah berhasil menguasai Kota Sanaa, mereka dilaporkan mulai mengancam dan menguasai Kota Aden yang merupakan tempat para pendukung Presiden Hadi.

Mengetahui hal tersebut, Presiden Yaman melalui Menteri Luar Negeri Riyadh Yaseen meminta bantuan ke Pemerintah Arab Saudi dan koalisinya yang tergabung dalam Dewan Kerjasama Negara Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) untuk mengusir Kelompok Houthi.

Pemerintah Arab Saudi dan koalisinya pun menjawab permintaan tersebut dengan melancarkan beberapa serangan udara ke wilayah Aden yang telah dikuasai oleh Kelompok Houthi.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/03/27/18/1125063/ditolak-oman-presiden-yaman-kabur-ke-arab-saudi
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment