Presiden Yaman Sebut Houthi Boneka Iran

Kondisi Terbaru Yamam-Agresi Koalisi Arab Saudi: Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi menyebut oposisi Syiah Houthi sebagai boneka Iran. Komentar itu dia sampaikan dalam pertemuan puncak Liga Arab di Sharm el-Sheikh, Mesir, Sabtu (28/3/2015).

”Saya katakan pada boneka Iran. Anda adalah orang yang menghancurkan Yaman dengan ketidakdewasaan politik Anda,” kata Presiden Hadi mengacu pada musuh politiknya, Houthi.

Presiden Hadi telah meninggalkan Yaman, setelah tersudut akibat serbuan milisi Houthi. Dia menyampaikan terima kasih kepada negara-negara Teluk yang meluncurkan agresi di Yaman untuk memerangi kelompok musuh politiknya itu.

Pihak Teheran telah membantah tuduhan bawah mereka memberikan dana dan pelatihan kepada milisi oposisi Houthi, seperti yang dituduhkan negara-negara Barat dan pemerintah Yaman.

Sebelum muncul tuduhan dari Presiden Hadi, pemerintah Arab Saudi, sudah lebih dulu mengeluarkan tuduhan serupa. Tuduhan Saudi itu disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS) Adel al-Jubeir kepada wartawan. "Kami melihat Iran memainkan peran besar dalam mendukung Houthi,” kata Jubeir.

Diplomat Saudi itu juga menyebut Hizbullah Libanon juga ikut berperan di Yaman. ”Ada penasihat Iran yang menasihati mereka dan sekutunya Hizbullah yang menasihati mereka,” lanjut Jubeir.

Sumber : http://international.sindonews.com/read/982491/44/presiden-yaman-sebut-houthi-boneka-iran-1427542009
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment