Saudi Pancing Iran Ikut Terseret Dalam Perang Global

Kondisi Terbaru Yamam-Agresi Koalisi Arab Saudi: Iran dan Turki kembali terlibat perselisihan tajam setelah Pemerintah Turki mendukung operasi militer Arab Saudi terhadap pemberontak Syiah Houthi di Yaman. Turki bahkan menyerukan Houthi dan para pendukung asingnya untuk menghentikan aksi-aksi, yang mengancam perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut. Pernyataan Turki tersebut menyulut kekesalan Iran yang menganut mazhab Syiah dan bisa memicu ketegangan ke level yang lebih parah.

Turki yakin bahwa serangan militer ini akan menghidupkan kembali otoritas negara yang sah dan mencegah terjadinya perang saudara di Yaman. Dalam operasi militer ini, Saudi mengerahkan 100 pesawat tempur dan 150 ribu tentara. Selain itu, pesawat-pesawat dari Mesir, Maroko, Yordania, Sudan, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain juga ikut serta dalam operasi besar-besaran ini. Bahkan Mesir, Pakistan, Yordania dan Sudan saat ini siap untuk berpartisipasi dalam operasi pertempuran di darat.

Konflik di Yaman terjadi, setelah kubu pemberontak Houthi melengserkan Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi. Hadi kemudian berupaya mempertahankan kekuasaannya dengan mengungsi dari ibukota Sanaa dan mendirikan pusat pemerintahan di kota Aden. Operasi militer Saudi ini dilakukan setelah Houthi terus bergerak mendekati kota Aden, dan ini dikhawatirkan akan mengancam keselamatan Presiden Hadi.

Sepak terjang kaum Houthi telah membangkitkan dugaan Arab Saudi, bahwa aksi mereka disokong oleh pemerintah Iran, yang juga beraliran Syiah. Namun, baik kaum Houthi dan Iran menepis dugaan tersebut. Meski demikian, ada kekhawatiran bahwa operasi militer Saudi dkk akan memicu konflik baru yang menyeret Iran.

Sumber : http://www.indozaman.com/iran-pertanyakan-sikap-turki-yang-mendukung-serangan-atas-syiah-houthi/
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment