AS Pasang Badan Jika Iran Ancam Saudi dan Sekutu Teluk (Ayo Manfaatkan Momentum Bersihkan Syiah dari Muka Bumi)

Berita YamanKondisi Terbaru Yaman-Agresi Koalisi Arab Saudi: Amerika Serikat (AS) komitmen pasang badan atau membela negara-negara Teluk (GCC), terutama Arab Saudi untuk setiap potensi ancaman dari Iran. Pemerintah Barack Obama menegaskan pembelaaan terhadap sekutu Teluknya sebagai kebijakan luar negeri AS.

Komitmen AS untuk melindungi negara-negara Teluk itu disampaikan Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes. Menurutnya, pembelaan AS terhadap sekutu Teluk sesuai dengan pidato Obama dalam sidang Majelis Umum PBB dua tahun lalu.

“Apa yang menjadi dasar jika Anda mendapati situasi, di mana salah satu mitra kami seperti Arab Saudi terancam dari agresi eksternal katakanlah melalui Iran, kita akan datang ke pertahanan mereka,” katanya, seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (7/4/2015).

Rhodes meyakinkan sekutu Teluk bahwa kesepakatan nuklir Iran dan enam negara kekuatan dunia yang tercapai di Lausanne pekan lalu adalah kesepekatan yang “bagus”. 

”Kami akan terus menjelaskan secara singkat pada mereka tentang rincian perjanjian dan membuat sesuatu yang jelas, bahwa (kesepakatan) itu bertujuan memaksakan pembatasan yang sangat penting dari program nuklir Iran,” lanjut Rhodes.

Tak lama setelah pengumuman kesepakatan nuklir Teheran, Obama mengundang pemimpin negara-negara Teluk untuk melakukan pertemuan puncak. Dalam pertemuan itu, Obama menjamin keamanan sekutu-sekutu AS di kawasan Teluk.

“Itu akan menjadi tujuan dari pertemuan puncak di Camp David, di mana presiden akan bersidang untuk membahas apakah ada cara yang kita dapat meyakinkan sekutu kami dalam meningkatkan keamanan. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan mereka untuk menjamin keamanan mereka,” imbuh Rhodes.

Sumber : http://international.sindonews.com/read/985983/42/as-pasang-badan-jika-iran-ancam-saudi-dan-sekutu-teluk-1428370780
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment