Berniat Hancurkan Syiah Houthi, Yaman Tolak Damai

Berita Yaman Terkini 2015Kondisi Terbaru Yaman 2015: Pemerintah Yaman yang kini berada di pengasingan menolak untuk menghadiri pembicaraan damai yang ditengahi oleh PBB. Mereka akan hadir jika kelompok pemberontak Houthi setuju untuk menarik diri dari wilayah yang mereka duduki sesuai dengan resolusi PBB.

"Pemerintah Yaman menutuskan untuk tidak mengambil bagian dalam pertemuan apapun, sampai milisi mengakui Resolusi 2216 dan setuju untuk menerapkannya tanpa syarat apapun," begitu bunyi pernyataan singkat yang dirilis Pemerintah Yaman, seperti dinukil dari AFP, Minggu (13/9/2015).

Sebelumnya, pernyataan serupa juga pernah diungkapkan oleh Pemerintah Yaman pada pekan lalu, saat menyatakan kesediaannya menghadiri pembicaraan damai yang rencananya akan dihelat di tempat netral, yaitu Oman. Oman adalah satu-satunya negara di Teluk Arab yang belum bergabung dengan koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed sebelumnya telah mengumumkan bahwa pihak pemberontak dan pemerintah Yaman telah bersedia untuk menghadiri pembicaraan damai. "Perundingan damai ini untuk menciptakan kerangka kerja guna sebuah kesepakatan yang sesuai dengan mekanisme PBB yang akan mengawasi kelompok Houthi menarik diri dari wilayah yang mereka duduki," kata Ahmed.

PBB sendiri telah berulang kali menyerukan gencatan senjata di Yaman. Namun, pembicaraan yang dilakukan di Jenewa pada Juni gagal terlaksana karena kedua belah pihak tidak menghadiri pertemuan tersebut.

Sumber: http://international.sindonews.com/read/1044177/43/pemerintah-yaman-tolak-hadiri-pembicaraan-damai-1442143769
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment