Ajang Pemanasan Hadapi Rusia, Inggris Paksa NATO Latihan Perang Nuklir

Inggris mendesak NATO untuk melakukan latihan perang multinasional termasuk simulasi perang nuklir setelah Rusia gencar melakukan serangan ke wilayah Suriah. Namun, belum ada kejelasan apakah desakan latihan perang nuklir itu untuk merespons agresi militer Rusia di Suriah atau bukan.

Inggris Paksa NATO Latihan Perang Nuklir
Desakan Inggris kepada NATO itu disampaikan Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon dan Duta Inggris untuk NATO, Sir Adam Thomson, seperti dilaporkan kantor berita Sputnik, Sabtu (10/10/2015).

Jika desakan untuk latihan perang nuklir itu terealisasi, maka itu akan menjadi latihan perang nuklir yang pertama sejak akhir Perang Dingin. Latihan itu juga bisa menjadi ajang bagi Inggris untuk menguji kemampuan senjata nuklirnya yang dikembangkan di bawah program bersama sekutu-sekutu NATO.

Di bawah program itu, Inggris memiliki sistem pencegahan serangan nuklir bernama “Trident” yang terdapat di empat kapal selam class-Vanguard yang ditempatkan di pangkalan angkatan laut Clyde, Skotlandia. Masing-masing kapal membawa maksimal 16 rudal Trident II. Rudal-rudal itu belum pernah ditembakkan sejak 2012.

Pada hari Rabu lalu, Perdana Menteri Inggris, David Cameron mengumumkan bahwa Pemerintah Inggris akan memperluas sistem Trident dengan menambahkan empat kapal selam nuklir class-Vanguard pada tahun-tahun mendatang.

Kekuatan nuklir Inggris selama ini sensitif dan kerap diintai Rusia. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan Henry Jackson Society pada bulan Februari 2015, intelijen Rusia telah mengumpulkan data kemampuan senjata nuklir Inggris.

Dengan aksi spionase intelijen Rusia itu membuat kemampuan nuklir Inggris terdeteksi Rusia dan bisa diatasi oleh militer Kremlin setiap saat. 

”Jika Rusia dapat memperoleh rekaman dari 'tanda tangan’ itu berdampak serius bagi penangkal nuklir Inggris.  Rusia akan mampu melacak kapal class-Vanguards dan berpotensi menenggelamkannya sebelum mereka (kapal selam Inggris) bisa meluncurkan rudalnya,” bunyi dokumen Henry Jackson Society.

Sumber: http://international.sindonews.com/read/1052023/41/rusia-gencar-serang-suriah-inggris-desak-nato-latihan-perang-nuklir-1444471429
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment