Hendak Rebut Desa Syiah Alawi di Hama Utara, Mujahidin Serbu Desa Mayoritas Pendukung Assad

Berita Suriah Terkini 2015Kondisi Terbaru Suriah 2015: Hama – Faksi-faksi mujahidin Suriah yang tergabung dalam aliansi Jaisyul Fath memulai “Pertempuran Hama”. Operasi yang diumumkan pada Rabu (21/10) itu bertujuan membebaskan seluruh wilayah di Provinsi Hama.
Mujahidin Serbu Desa Mayoritas Pendukung Assad

Aktivis media di Hama, Abu Syadi Al-Hamawi, Kamis (22/10), mengatakan kepada harian Online Al-Araby Al-Jadid, sehari setelah pertempuran itu diluncurkan mujahidin langsung melakukan penetrasi ke wilayah-wilayah rezim. Mujahidin meraih kemajuan di hari pertama itu.

“Jaisyul Fath, Rabu malam, mengontrol bukit Al-Dhalil di dekat desa Al-Hamra, Hama Timur, setelah terlibat pertempuran sengit dengan militer rezim,” kata Abu Syadi.

Ia menambahkan, setidaknya dua tank musuh hancur setelah dihantam dengan rudal Vaguc. Di saat yang sama, jet Rusia menggempur sekitar lokasi pertempuran.

Abu Syadi menunjukkan, desa Al-Hamra merupakan desa yang dihuni mayoritas pro rezim Bashar Assad dari sekte Alawi. Pejuang berulang kali gagal merebut desa itu.

Di waktu yang sama, sejumlah faksi yang tergabung dalam Jaisyul Fath memulai serangan perdana dengan berbagai jenis senjata ke desa ‘Athsyan, Sakik dan Ma’an di pedesaan Hama Utara.

Sebelum memulai penyerangan itu, kata Abu Syadi, mujahidin terlibat pertempuran sengit di sejumlah titik di Provinsi Hama Utara. Militer rezim meminta bantuan pasukan dan senjata serta memanggil mobil ambulans selama pertempuran.

Perlu diketahui, desa ‘Athsyan, Sakik dan Ma’an terletak di utara kota Moruk dan Khan Syaikhun yang sangat strategis. Ketiga desa ini memisahkan antara Provinsi Hama dan Provinsi Idlib yang hampir seluruhnya dibebaskan.

Jika daerah strategis itu berhasil dibebaskan, jalur logistik mujahidin yang menghubungkan antara kota Moruk dan Khan Syaikhun aman. Begitu juga, wilayah itu memungkinkan memantau pergerakan di sejumlah daerah sekitar.

Sumber: http://www.kiblat.net/2015/10/23/pertempuran-pembebasan-provinsi-hama-diluncurkan/
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment