Siap Bantai Syiah Yaman, Tentara Sudan Mendarat di Pelabuhan Aden

Berita Yaman Terkini 2015Kondisi Terbaru Yaman 2015: Aden – Satu batalion angkatan darat Sudan mendarat di kota pelabuhan Aden, Yaman Selatan, Sabtu (17/10). Kehadiran mereka dalam rangka mendukung koalisi Teluk dalam menghadapi pemberontak Syiah Hautsi yang mendapat dukungan dari Iran.

Sebuah sumber dari kalangan militer mengatakan bahwa sebanyak 300 tentara dan perwira Sudan tiba di Aden, setelah menempuh perjalanan laut. “Untuk membantu menjaga keamanan kota terhadap ancaman pemberontak Hautsi dan pendukung Ali Abdullah Saleh,” kata sumber tersebut, sebagaimana dikutip Al Arabiya.
Tentara Sudan Mendarat di Pelabuhan Aden

Aden merupakan kota strategis di wilayah selatan Yaman. Pemerintahan Abd Rabbuh Mansur Hadi menjadikannya ibukota darurat setelah Sanaa jatuh ke tangan pemberontak Syiah Hautsi.

“Pasukan kami di Yaman siap untuk melakukan tugas militer mereka di bawah pemimpin koalisi militer,” kata juru bicara militer Sudan Brigjen Ahmad Khalifa Alshami.

“Sudan berkomitmen untuk mengembalikan legitimasi di Yaman,” imbuhnya.

Juru bicara koalisi Teluk membenarkan kedatangan pasukan Sudan di Yaman. Di lapangan meraka nantinya akan bergabung dengan pasukan koalisi dari Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Bahrain.

Sejak koalisi Teluk terjun ke Yaman, pasukan pemerintah Yaman mulai meraih kemajuan di beberapa tempat. Yang terbaru pendukung presiden Hadi berhasil meraih kemajuan di Marib dan mengambil alih selat bab Al-Mandib. Namun, pemberontak Syiah Hautsi masih menguasai sebagian besar wilayah negara itu sejak pertama kali melakukan pemberontakan September tahun lalu.

Sumber: http://www.kiblat.net/2015/10/19/dukung-koalisi-teluk-sudan-kirim-pasukan-ke-yaman/
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment