Basmi Syiah Houthi, Arab Saudi Umumkan Game Over di Yaman

Berita Yaman Terkini 2015Kondisi Terbaru Yaman 2015: AL MANAMA - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir mengatakan, ia melihat perang Yaman hampir berakhir. Indikasinya adalah keberhasilan pasukan pemerintah Yaman menguasai sebagian besar wilayah negara itu.
Arab Saudi Umumkan Kemenangan di Yaman

"Saya yakin konflik Yaman telah memasuki tahap akhir, dan saya optimis," katanya seperti dikutip dari laman Arab News, Minggu (1/11/2015). "Meski ada beberapa daerah yang perlu dibebaskan termasuk Sanaa, namun tren bergerak ke arah yang benar," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Jubeir mengatakan, pemberontak Houthi masih mempunyai kesempatan untuk ikut andil dalam proses politik di Yaman, jika memang nantinya perang benar-benar berakhir.

"Satu-satunya hal yang tidak dapat mereka miliki adalah posisi istimewa, karena membedakan mereka dengan Yaman dan lainnya akan menimbulkan ketidakadilan. Dan mereka tidak dapat memiliki milisi di luar lembaga negara," katanya saat berbicara pada Konferensi Keamanan, Dialog Manama, di Bahrain.

Pada bulan Maret lalu, pemberontak Haouthi dan pasukan yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh, merebut Aden dan memaksa Presiden Yaman Abedrabbo Mansur Hadi untuk mengungsi setelah berhasil melarikan diri dari tahanan rumah di Sanaa.

Aksi kelompok Houthi ini pun memancing reaksi dari sejumlah negara Arab. Di bawah komando Arab Saudi, sejumlah negara Arab membentuk koalisi dan memerangi kelompok Houthi sejak bulan Maret 2015 hingga saat ini.

Sumber: http://international.sindonews.com/read/1058004/43/menlu-arab-saudi-perang-yaman-hampir-berakhir-1446392630
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment