Hiraukan Ancaman Cina, AS Terus Patroli di Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

Perang Dunia 2015. WASHINGTON - Amerika Serikat akan tetap melakukan patroli di sekitar Laut China Selatan, meski mendapat tentangan dari China. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tuntutan AS terhadap kebebasan bernavigasi di wilayah tersebut.
AS Terus Patroli di Wilayah Persengketaan Laut Cina Selatan

"Kami ada kepentingan di sana. Ini sekaligus menunjukkan bahwa kita menjunjung tinggi kebebasan bernavigasi," kata Deputi Penasehat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (3/11/2015).

Rhodes menambahkan, tujuan AS dalam sengketa tersebut adalah untuk menawarkan kerangka diplomatik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Komentar Rhodes datang setelah kapal pemandu rudal AS melakukan pelayaran dekat salah satu pulau buatan Beijing di Laut China Selatan beberapa waktu lalu.

Patroli USS Lassen dalam jarak 12 mil didekat kepulauan Spratly China ini adalah aksi nyata AS yang paling signifikan dalam menyikapi permasalahan di Laut China Selatan.

Beijing mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, di mana lebih dari USD 5 triliun dana dari perdagangan berputar setiap tahunnya. Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina, dan Taiwan juga mempunyai klaim yang sama dengan China

Sumber: http://international.sindonews.com/read/1058559/42/acuhkan-china-as-akan-tetap-bermanuver-di-laut-china-selatan-1446550286
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment