Inilah Isi Peringatan Pilot Turki Kepada Pilot Rusia Sebelum di Tembak Jatuh

Perang Dunia Angkatan bersenjata Turki merilis bukti rekaman audio, Rabu (25/11), berisi peringatan kepada sebuah pesawat tempur Rusia sebelum kemudian menembaknya hingga jatuh dekat perbatasan Suriah.

"Ini Angkatan Udara Turki yang bicara dalam kondisi siaga. Anda mendekati wilayah udara Turki. Segera ubah arah ke selatan," demikian bunyi salah satu rekaman dalam Bahasa Inggris, yang diulang beberapa kali.

Turki mengklaim bahwa mereka telah memperingatkan pesawat Sukhoi-24 milik Rusia itu 10 kali dalam lima menit, dan bahwa pesawat itu telah melanggar masuk wilayah udaranya selama 17 detik sebelum ditembak jatuh oleh pesawat F-16 Turki, seperti diberitakan Middle East Eye.

Dalam insiden Selasa (24/11) itu, dua pilot Su-24 tersebut meloloskan diri dengan parasut, namun pilot Lt. Kol. Oleg Peshkov tewas ditembak pemberontak Suriah yang menunggunya di darat.

Sementara itu kopilot dan navigator Kapt. Konstantin Murakhtin lebih beruntung karena angin membawa parasutnya menjauh beberapa mil, dan 12 jam kemudian dia diselamatkan oleh tim gabungan Rusia dan pasukan komando Suriah.

Murakhtin lalu bicara di televisi hari Rabu, menegaskan bahwa dia yakin sepenuhnya kalau pesawatnya tidak masuk wilayah Turki, "tidak sedetikpun," seperti diberitakan AP.

"Sebagai seorang navigator, saya kenal setiap bukit yang ada di sana dan bisa menentukan lokasi bahkan tanpa instrumen," kata dia.

"Tidak ada peringatan, baik lewat radio atau pun visual," ujarnya, sembari menambahkan bahwa pesawat-pesawat tempur Turki sebetulnya bisa terbang paralel di samping pesawatnya untuk memerintahkan mengubah haluan.

Infografis: Turki menuduh jalur terbang pesawat Sukhoi-24 memasuki wilayahnya, seperti dalam garis biru, sementara Rusia membantah hal itu dengan menunjukkan jalur terbang seperti di garis merah. (Middle East Eye)

Seruan Pilot Turki Kepada Pilot Rusia Sebelum di Tembak Jatuh
Sumber: http://www.beritasatu.com/dunia/325016-turki-rilis-bukti-peringatan-sebelum-jatuhkan-sukhoi.html
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment