Dari 34 Negara, Iran, Irak, Suriah, Libanon, Oman, Indonesia Tidak Tergabung, Adakah Ini Koalisi Sunni?

Paris – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adil Al-Jubair, mengatakan bahwa negara-negara anggota “Koalisi Militer Islam” untuk memerangi teroris akan bertukar informasi dan saling menyediakan peralatan militer serta latihan bersama. Tidak menutup kemungkinan, koalisi ini mengerahkan pasukan jika diperlukan.

Koalisi Sunni

Pernyataan ini disampaikan Menteri Adil dalam konferensi pers di ibukota Prancis, Paris, Selasa kemarin (15/12). Pada kesempatan itu, ia ditanya kemungkinan koalisi memprakarsai pengerahan pasukan militer. “Tidak ada sesuatu yang dikecualikan,” jawabnya singkat.

Adil menjelaskan, perkara tersebut tergantung pada permintaan dan kebutuhan serta kesediaan anggota memberikan dukungan yang diperlukan. Ia menekankan bahwa koalisi ini tidak akan membentuk kekuatan militer bersatu.

Koalisi yang belum pernah dibentuk ini sangat jelas mengisyaratkan negara-negara Muslim berkomitmen memerangi teroris dan ekstremis. Saat ini sebanyak 34 negara bergabung dan akan bertambah beberapa pekan ke depan.

Menteri Adil menjelaskan, anggota koalisi akan saling berbagai informasi, tolong menolong dalam latihan militer, memberikan logistik dan mengerahkan pasukan jika sangat dibutuhkan. Koalisi berusaha memerangi pemikiran “radikal” dan menyebarkan pesan toleran dan moderat serta melindungi warga dari ekstremisme.

Dia menolak koalisi ini disebut  koalisi Sunni. Ia menegaskan koalisi ini untuk memerangi terorisme.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Saudi mengumumkan sebanyak 34 negara Muslim bergabung dalam Koalisi Militer Islam. Ibukota Riyadh dipilih menjadi markas koalisi.

Dari daftar yang dirilis, terlihat beberapa negara tidak tergabung. Seperti Oman, Iran, Iraq, Suriah dan Aljazair.

Sumber: http://www.kiblat.net/2015/12/16/koalisi-militer-islam-siap-kerahkan-pasukan-jika-dibutuhkan/
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment