Erdogan: Putin Buka Kotak Hitam Jet Tempur Secara Live, Sebuah Tontonan Penghilang Rasa Malu Rusia

Perang Dunia Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding Rusia telah membuat pertunjukan propaganda dengan kotak-hitam yang ditemukan dari pesawat tempur Su-24 mereka yang ditembak jatuh jet Turki bulan November yang lalu. Ia mengatakan, membuka kotak-hitam pesawat yang disiarkan secara langsung di TV itu sangat memalukan.

“Semula dinyatakan bahwa kotak-hitamnya sudah bisa dibuka, tetapi kemudian mereka mengatakan informasi-datanya tidak bisa dibaca karena rusak,” kata Erdogan pada hari Rabu (23/12) di depan para kepala desa dan kepala lingkungan di sekitar kompleks kepresidenan di Ankara.

“Bagi kita, sedikitpun tidak ada keraguan mengenahi masalah itu, karena informasi yang kita miliki sangat jelas dan solid,” kata Erdogan.

“Saat itu seluruh dunia bisa menerima hak penuh Turki atas kedaulatan wilayahnya, (dan) berbagai pertunjukan propaganda yang tidak jujur ini tidak punya arti apapun untuk menghilangkan rasa malu akibat tindakan yang sangat memalukan oleh mereka yang mencoba memanfaatkannya (kotak-hitam),” imbuh Erdogan.

Putin Buka Kotak Hitam Jet Tempur Secara Live

Di awal pekan ini, Rusia mempertontonkan secara live di stasiun televisi saat membuka kotak-hitam pesawat Sukhoi-24 yang ditembak jatuh Turki pada tanggal 24 November lalu.

Namun demikian, pihak berwenang Rusia kemudian mengatakan bahwa mereka tidak bisa mendapatkan kembali data rekaman selama penerbangan karena dari 16 microchips yang ada, 13 di antaranya sudah hancur dan 3 sisanya mengalami kerusakan berat.

Kotak-hitam yang dalam realitanya berwarna oranye ini adalah sekumpulan perangkat yang digunakan terutama dalam bidang transportasi udara, umumnya merujuk kepada alat perekam data penerbangan FDR (Flight Data Recorder) dan suara kokpit CVR (Cockpit Voice Recorder). Di dalamnya terdapat microchips sebagai bagian dari komponen-komponen perangkat tersebut.

Umumnya terdapat dua unit kotak-hitam yang diletakkan di bagian depan pesawat dan bagian ekor. Perangkat ini didesain sedemikian rupa sehingga akan tetap utuh meskipun pesawatnya telah hancur.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment