Lindungi Turki, NATO Sepakat Kirim Paket Militer

Perang Dunia Pihak NATO dilaporkan sepakat membantu Pemerintah Turki dalam memperkuat wilayah perbatasannya dengan Suriah. Laporan itu disampaikan Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, ketika bertemu Perdana Menteri (PM) Turki Ahmet Davutoglu di Brussels, Belgia.

NATO Jamin Turki dengan Kiriman Paket Militer

Jens Stoltenberg menyatakan sepakat mengirim berbagai paket kendaraan militer untuk membantu pertahanan udara Turki. Sebab, ia menilai bahwa wilayah perbatasan Turki rawan aksi radikal karena berbatasan langsung dengan Suriah yang diisi banyak basis ISIS.

“Kami telah menyepakati pengiriman paket-paket peralatan militer, sebagai langkah-langkah jaminan kepada Turki mengingat seringnya terjadi situasi yang bergejolak di wilayah perbatasan Turki-Suriah,” ujar Stoltenberg, seperti diwartakan Reuters, Sabtu (19/12/2015).

“Hal ini juga dilakukan mengingat adanya insiden Sukhoi Rusia ditembak jatuh di wilayah Perbatasan Turki-Suriah. Kami melakukan ini untuk meminimalisasi kejadian serupa terulang kembali,” sambungnya.

Kendati demikian, beberapa pihak berpendapat bahwa keputusan NATO ini merupakan aksi pembelaan dan dukungan terhadap Turki yang sedang berseteru dengan pemerintahan pimpinan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baru-baru ini, Presiden Negeri Beruang Merah diketahui sama sekali tidak ingin memperbaiki hubungan dengan Pemerintah Turki yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan.

“Harus saya akui, saat ini sangat sulit untuk mencapai kesepakatan dan memperbaiki hubungan dengan pemerintahan Turki pimpinan Presiden Erdogan,” ujar Putin ketika menggelar konferensi pers tahunan ke-11 di Moskow.

Rusia juga menuntut Turki untuk membayar sejumlah uang kompensasi atas insiden jatuhnya Sukhoi.

Keputusan itu diyakini merupakan ekspresi kemarahan pemerintah Negeri Beruang Merah atas tindakan AU Turki yang menembak jatuh jet tempur Sukhoi Su-24 pada 24 November 2015.

Sumber: okezone.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment