Meluruskan Kebohongan Media Soal Penembakan Kapal Rusia ke Kapal Turki

Canakkale – Kapten kapal penangkap ikan Turki menyangkal bahwa kapalnya telah menerima tembakan peringatan dari kapal Angkatan Laut Rusia seperti yang diberitakan sejumlah media kemarin.

Kebohongan Media Soal Penembakan Kapal Rusia ke Kapal Turki

Kapten Muzaffer Gecici yang menahkodai kapal Geciciler Balikcilik 1 mengatakan bahwa tidak ada satupun awak kapal mereka yang melihat adanya tembakan peringatan tersebut. Geciciler Balikcilik 1 merupakan kapal ikan yang dioperasikan secara kolektif  oleh 30 perusahaan perikanan.

Ketika Muzaffer diberitahu kapal Rusia telah melepaskan tembakan ke arah mereka, kepada para jurnalis ia mengatakan bahwa, “Kami tidak melihat (ada) tembakan apapun, dan juga tidak ada kapal.”

Pada hari Ahad (13/12) Rusia mengaku bahwa awak kapal mereka yang berada di atas kapal perusak jenis Smetlivy telah melepaskan tembakan peringatan dengan menggunakan senjata ringan untuk menghindari tabrakan dengan kapal ikan Turki di lokasi yang berjarak 22 km lepas pantai pulau Lemnos Yunani.

Peristiwa itu dianggap sebagai insiden terbaru dari rentetan sejumlah insiden kecil lainnya pasca dijatuhkannya  bomber Rusia Su-24 oleh jet tempur Turki di perbatasan dengan Suriah pada tanggal 24 November yang lalu.

Gecici yang sudah 40 tahun malang melintang mencari ikan di Laut Aegea mengatakan bahwa arah dan posisi kapal mereka ada rekamannya. “Sangat jelas dari arah mana kami berlayar, kami sudah lama bekerja baik di perairan internasional maupun di perairan wilayah kami sendiri”, katanya.

Ia menambahkan, “Kami tidak pernah mengubah arah rute kami. Ini untuk menjawab pertanyaan terkait dengan arah kapal kami yang dianggap akan menabrak kapal Rusia itu. Dan tidak mungkin akan terjadi tabrakan semacam itu.”

Di  Moskow, atase pertahanan Turki sempat dipanggil ke kantor Kementerian Pertahanan Rusia terkait insiden tersebut. Sementara beberapa jam setelah Menteri Pertahanan Rusia mengumumkan adanya insiden itu, Menlu Turki mengatakan bahwa negaranya tidak menghendaki adanya ketegangan.

Sumber: http://www.kiblat.net/2015/12/15/kapten-kapal-turki-tidak-ada-tembakan-peringatan-dari-kapal-rusia/
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment