Muak Dengan Kelakuan Aksi Iran di Timur Tengah, Sudan Akhiri Hubungan Dengan Iran

Manama – Pemerintah Sudan dan Bahrain, Senin (04/12), memutus hubungan diplomatik dengan Iran menyusul serangan terhadap Kedutaan Besar Saudi di negara mayoritas tersebut. Kedua negara memerintahkan seluruh diplomat dan pegawai kedutaan meninggalkan Iran.

Sudan Akhiri Hubungan Dengan Iran

“Pemerintah memutus hubungan diplomatik dengan Iran dan memerintahkan seluruh diplomat meninggalkan Iran dalam waktu 48 jam,” lapor kantor berita resmi Bahrain, seperti dikutip Al-Jazeera.

Laporan ini dikuatkan dengan pernyataan Menteri Komunikasi dan Anggota Dewan Bahrain, Isa Al-Hamadi, bahwa pemerintah telah memutus hubungan dengan Iran.

Di saat bersamaan, Menteri Luar Negeri Sudan Ibrahim Ghandur mengumumkan bahwa negaranya juga memutus hubungan diplomatik dengan Iran. Ia menunjukkan, putusan ini diambil karena Iran mencampuri urusan kawasan dengan dasar sektarian. Seluruh staf kedutaan telah diperintahkan pulang.

Sebelumnya, kantor berita Saudi melaporkan bahwa pemerintah Sudan menelepon pemerintah Saudi menyampaikan akan memutus hubungan dengan Iran. Dalam pembicaraan itu, Sudan berencana menarik seluruh pegawai kedutaan.

Dalam pernyataannya, sejumlah pejabat Sudan mengutuk campur tangan Iran di Kawasan serta membiarkan penyerangan terhadap kantor kedutaan Saudi di Teheran. Sudan bersama Saudi berkomitmen memerangi teroris.

Arab Saudi mengumumkan memutus hubungan diplomatik dengan Iran setelah Kedutaannya di Teheran diserang dan dibakar. Penyerangan itu menyusul eksekusi ulama Syiah, Al-Namr, oleh pemerintah Saudi.

Eksekusi itu menyulut kemarahan pengikut Syiah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Mereka menggelar demonstrasi di depan kedutaan Saudi di negara masing-masing.

Perlu diketahui, Bahrain dan Sudan termasuk negara yang getol memerangi Syiah. Pasalnya, gerakan Syiah di dua negara tersebut sudah mulai mengancam pemerintahan. Mereka mulai menyerukan revolusi dan ingin mengubah negara menjadi Syiah.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment