Putus Hubungan dengan Syiah Iran, Arab Saudi Beri Tenggang Waktu 48 Jam Semua Delegasi Diplomatik untuk Pulang

Arab Saudi mengatakan pada hari Ahad telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran atas respon penyerbuan kedutaan Saudi di Teheran, dalam krisis diplomatik yang memburuk sebagai kelanjutan  eksekusi kerajaan Saudi terhadap seorang pendeta agama Syiah .

Arab Saudi Putus Hubungan dengan Syiah Iran

Menteri Luar Negeri Saudi , Adel al-Jubeir mengatakan saat  konferensi pers , Riyadh tidak akan membiarkan Republik Agama Syiah  merusak keamanan kerajaan sebuah negeri Sunni.

Demonstran Syiah Iran menyerbu kedutaan Saudi di Teheran pada  hari Minggu dan respon pemimpin  Syiah  Iran, Ayatollah Ali Khamenei, memprediksikan akan ada “pembalasan ilahi” atas eksekusi  Nimr al-Nimr.

Jubeir mengatakan serangan di Teheran ini sejalan dengan  serangan Iran sebelumnya pada kedutaan asing di sana dan dengan kebijakan Iran mendestabilisasi wilayah teluk dengan menciptakan “sel teroris” di Arab Saudi.

“Kerajaan, mengingat realitas ini, mengumumkan pemutusan  hubungan diplomatik dengan Iran dan meminta kepergian delegasi diplomatik Saudi dari kedutaan dan konsulat ataupun kantor yang berhubungan dengan itu dalam waktu 48 jam. Duta besar telah dipanggil untuk memberitahu mereka, “katanya.

Sumber: eramuslim.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment