Salah Sasaran, Jet Tempur Rusia Bunuh 24 Milisi Syiah Iran di Suriah

Berita Suriah Terkini 2016Kondisi Terbaru Suriah 2016: Lattakia – Serangan salah sasaran dilaporkan kembali dilakukan jet tempur Rusia di wilayah Lattakia. Akibatnya, tentara dan milisi yang didukungnya tewas, seperti dilaporkan Al-Jazeera pada Rabu (30/12).

Jet Tempur Rusia Bunuh 24 Milisi Syiah Iran

Kantor berita tersohor di Timur Tengah itu, melansir dari laporan aktivis, insiden itu terjadi di puncak Jabal An-Naubah di pedesaaan Lattakia pada Rabu kemarin. Bukit itu berhasil direbut militer rezim yang didukung milisi Syiah Iran, Iraq dan Lebanon setelah meladeni perlawanan sengit pejuang pekan lalu.

Menurut pengakuan aktivis yang melihat dengan matanya, jet tempur Rusia terpantau melakukan serangan di sekitar Jabal An-Naubah. Beberapa saat kemudian, api disertai asap terlihat membumbung dari puncak gunung tersebut. Di saat yang sama, terdengar teriakan tentara rezim meminta tolong dan meminta rekannya memperbaiki titik koordinat serangan.

Seorang pejuang di pegunungan Akrad di Lattakia menunjukkan berhasil menyadap gelombang radio yang digunakan militer rezim. Dalam percakapan radio, teridentifikasi pembicaraan antara letnan militer Suriah yang belakangan diketahui bernama Jafar di puncak Jabal An-Naubah dengan kolonel di pusat komando operasi pesisir rezim Suriah di kota Shalnaqah. Letnan Jafar mengabarkan bahwa serangan jet Rusia menewaskan sedikitnya 24 anggota, mayoritas dari Iran.

Sementara itu, aktivis media di kota Lattakia Muhammad As-Sahili melaporkan pasukan keamanan rezim menutup rumah sakit militer Zahi Azraq di Lattakia. Penutupan itu dilakukan sesaat setelah iring-iringan ambulan dari wilayah pegunungan Akrad tiba. Warga dan jurnalis dilarang mendekat dan mengambil gambar.

Ia menunjukkan, pasukan keamanan biasanya tidak menutup rumah sakit untuk umum kecuali ada perwira militer atau anggota tentara Iran tewas dalam pertempuran di pedesaan Lattakia. Dia menambahkan, rumah sakit tersebut ditutup beberapa kali sejak Iran ikut bertempur di pesisir pada 2013 lalu.

Perlu diketahui, ini bukan pertama serangan Rusia mengenai rekan sendiri. Bulan lalu, sekumpulan tentara Iran yang berada di bukit Qimmah An-Nabi Yunus dihantam roket Rusia. Akibatnya, tiga dari mereka tewas, satu di antaranya kolonel.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment