Sebanyak 20.000 Milisi Syiah Afghanistan Perangi Muslim Suriah

20.000 Milisi Syiah Afghanistan Perangi Muslim Suriah

Berita Suriah Terkini 2016Kondisi Terbaru Suriah 2016: Teheran – Iran merekrut pengikut Syiah Afghanistan untuk bertempur di Suriah. Mereka diperkirakan berjumlah ribuan milisi dan menjadi unit militer tersendiri di bawah nama Liwa Fathimiyun. Mereka juga mendapat gaji bulanan.

Media Iran menyebutkan, seperti dilansir Al-Jazaeera, Ahad (24/01), diperkirakan 20 ribu milisi bergabung dalam unit militer syiah itu. Anggotanya mayoritas berkebangsaan Afghanistan yang hidup sebagai pengungsi di Suriah dan sebagian datang dari wilayah Suriah.

Angka ini disebutkan oleh Faris Biyush, anggota Pasukan Pembebasan Suriah (FSA). Dia menegaskan, mayoritas mereka berkebangsaan Afghanistan.

Dalam konteks ini, Kolonel Hussei Kananin, anggota Garda Revolusi Iran mengatakan, mayoritas milisi Liwa Fathimiyun dilatih di Afghanistan dan masuk Suriah melalui Iraq dan Afghanistan. Milisi-milisi itu disamakan dengan milisi dari Syiah.

Situs Al-Masyruq News yang dikenal dekat Garda Revolusi Iran menyebut sebanyak 20 ribu orang bergabung Liwa Fathimiyun. Sebanyak 200 dari mereka tewas sejak 2013.

Masih terkait, Anggota Komite Politik Koalisi Nasional Oposisi Suriah, Anas Al-Abda, mengungkap sedikitnya empat mayat milisi Syiah Afghanistan beberapa hari terakhir dievakuasi dari pedesaan Aleppo. Ia menambahkan, di Suriah juga terdapat milisi dari Lebanon, Iraq, Pakistan dan Cina serta Iran yang bertempur di barisan rezim Suriah.

Ia melanjutkan, Iran merekrut milisi Syiah dari seluruh wilayah untuk bertempur di Suriah. Iran menempatkan diri sebagai kiblat Syiah dunia. Mereka mengumpulkan organisasi-organisasi Syiah politik, militer dan sosial baik di dalam dan di luar negeri.

Terkait gaji yang diterima, menurut pengakuan tawanan militant asal Afghanistan mendapat gaji antara 500 hingga 1000 dollar setiap bulan. Selain mendapat gaji, mereka juga diancam jika menolak atau distersi. Mereka akan ditangkap atas tuduhan perdagangan narkoba.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment