Omong Kosong Gencatan Senjata, Serangan Syiah Assad dan Sekutu Tetap Berlanjut

Serangan Syiah Assad dan Sekutu Tetap Berlanjut

Perang Timur Tengah - Suriah, kelompok oposisi utama moderat Suriah mencatat 15 pelanggaran dilakukan oleh pasukan rezim Assad  dan pasukan sekutu pada hari pertama gencatan senjata, seorang juru bicara mengatakan kepada wartawan, Ahad (28/02/2016), lansir World Bulletin.

"Ada 15 pelanggaran oleh pasukan rezim pada hari pertama gencatan senjata, termasuk dua serangan oleh (kelompok militan Lebanon) Syiah Hizbullah di Zabadani" di barat Damaskus, kata Salem al-Meslet, juru bicara Komite Negosiasi Tinggi (the High Negotiations Committee).

Berbicara melalui telepon dari Riyadh, Meslet mengatakan HNC akan mengeluarkan surat pengaduan resmi dengan utusan khusus PBB Staffan de Mistura, Ketua PBB Ban Ki-moon dan para menteri luar negeri Kelompok Dukungan Suriah Internasional (the International Syria Support Group).

Kesepakatan yang didukung PBB mulai berlaku pada hari Sabtu, dengan zona pertempuran di seluruh negeri sebagian besar akan tenang meskipun terdapat beberapa tuduhan pelanggaran.

HNC mengumumkan sebelumnya bahwa 97 faksi oposisi telah sepakat untuk menghormati gencatan senjata, selama dua minggu awalnya.

Meslet mengatakan tidak ada kelompok-kelompok yang menanggapi pelanggaran pada hari Sabtu.

"Untuk kekuatan oposisi di sana, tidak ada yang bereaksi karena keputusannya adalah untuk tetap tenang dan saya yakin mereka akan mentaati gencatan senjata."

Meslet mengatakan kesepakatan itu adalah "langkah pertama dalam arah yang benar" untuk mengakhiri konflik berdarah di Suriah.

"Masalahnya adalah, sangat bagi kita melihat orang-orang lega ... Terdapat pelanggaran di sana-sini, tetapi secara umum jauh lebih baik dari sebelumnya dan orang merasa nyaman," kata Meslet.

"Itu adalah tujuan utama kami - agar orang-orang di sana merasa aman dari rasa takut yang telah ada selama lima tahun hingga sekarang."

Sumber: Jurnalislam.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment