Manfaatkan Gencatan Senjata, Rezim Syiah Assad Siapkan Operasi Darat Besar-besaran ke Idlib

Rezim Syiah Assad Serang Idlib


Assad Siapkan Operasi Darat Besar-besaran ke Idlib Idlib – Militer Suriah dikabarkan tengah menyiapkan operasi militer besar-besaran untuk merebut Provinsi Idlib dari pejuang Suriah. Kabar ini mengemuka setelah AS dan Rusia mengumumkan gencatan senjata sementara di Suriah pekan depan, kecuali untuk Jabhah Nusrah dan ISIS.

Seperti diketahui, wilayah Idlib dianggap sebagai basis utama Jabhah Nusrah setelah berhasil merebut wilayah itu bersama mujahidin lainnya dalam aliansi Jaisyul Fath. Koalisi ini diikuti banyak faksi-faksi mujahidin Suriah berideologi jihadis.

“Militer rezim tengah menyiapkan kekuatan militer untuk menyerang Idlib dan pedesaannya setelah pengumuman gencatan senjata yang memberi lampu hijau bagi militer Suriah yang didukung Rusia menyerang wilayah itu,” kata sumber dekat di rezim Suriah kepada portal Ara News, Selasa (23/02).

Mantan komandan militer Suriah yang kini bergabung oposisi, Riyadh Al-As’ad, juga mengungkapkan kepada media asing bahwa salah satu syarat gencatan senjata yang disepakati AS dan Rusia di Suriah tidak memasukkan Jabhah Nusrah dan wilayahnya sebagai lokasi gencatan. Oleh karennya, tegas As’ad, akan ada operasi militer besar-besaran untuk merebut Idlib dan pedesannya.

Sementara itu, para analis militer melihat bahwa militer Suriah yang didukung jet tempur Rusia dan milisi asing akan mengambil keuntungan perjanjian tersebut. Dengan berhentinya front-front pertempuran, hal itu memungkinkan militer Suriah dan pendukungnya memfokuskan serangan ke wilayah Idlib dan wilayah lainnya yang dikontrol Jabhah Nusrah dan ISIS.

“Gencatan ini hanyalah strategi lain yang digunakan Rusia untuk mendapat restu dari AS dan dengan dukungan Iran,” kata para analis, seperti dilansir Ara News.

Sumber: Kiblat.net

Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment