Puluhan Ribu Pemuda Turki Bersiap Sebrangi Suriah Perangi Koalisi Syiah

Pemuda Turki Bersiap Sebrangi Suriah

Ribuan Pemuda Turki Perangi Bashar Assad - Ankara – Puluhan ribu orang Turki menyatakan keinginan mereka bergabung dengan para pejuang oposisi Turkmen untuk berperang melawan pasukan rezim Assad dan militer Rusia di Suriah. Demikian Middle East Eye melaporkan pada hari Selasa (24/02).

Menurut kelompok-kelompok pemberi bantuan yang mendistribusikan sejumlah bantuan ke wilayah-wilayah yang dikuasai oposisi, banyak di antara para calon relawan pejuang ingin pergi ke pegunungan Turkmen yang berada di area perbatasan di propinsi Latakia. Mereka ingin membantu penduduk asli warga Turkmen yang tengah menghadapi ancaman serangan udara Rusia dan kemungkinan gerak maju pasukan rezim Assad.

Menurut MEE, antara 250 hingga 500 warga negara Turki siap berangkat ke Latakia, mayoritas akan bergabung dengan faksi oposisi Turkmen di mana jumlah korban akibat serangan masif Rusia maupun rezim Assad dilaporkan meningkat.

Sementara diperkirakan ribuan warga Turki lainnya menyatakan siap berperang di Suriah dengan bergabung kepada kelompok-kelompok seperti ISIS ataupun Jabhah Nushrah. Menurut kelompok pemberi bantuan dan juga menurut sejumlah ahli mengenai peta para pejuang di Suriah, mereka yang telah bergerak menuju wilayah Turkmen dilandasi oleh berbagai macam motif baik nasionalisme, etnis, termasuk sentimen keagamaan untuk membantu/mendukung kelompok minoritas.

Sementara di bagian lain, kelompok-kelompok sayap kanan di Turki, seperti Alperen Ocaklari dan Ulku Ocaklari yang sering disebut “serigala abu-abu”, termasuk partai oposisi berhaluan nasionalis MHP mengatakan, bombardemen Rusia terhadap wilayah Turkmen telah memantik semangat nasionalisme di Turki.

Sumber: Kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment