22 Negara Anggota Liga Arab Cap Hizbullat Kelompok Teroris, Kecuali Libanon dan Irak

Brigade Izzudin Al Qassam (Hamas) Bersatu Bersama Pejuang Suriah Perangi Syiah Assad

Perang Timur Tengah - Liga Arab telah menyatakan bahwa milisi Lebanon Syiah Hizbullah adalah sebuah kelompok teroris, hanya beberapa hari setelah Dewan Kerjasama Teluk (the Gulf Cooperation Council-GCC) mengadopsi pernyataan yang sama, Aljazeera melaporkan Jumat (11/03/2016).

Langkah itu muncul dalam pertemuan para menteri luar negeri Liga Arab di ibukota Mesir Kairo pada hari Jumat.

Hampir semua 22 anggota Liga Arab mendukung keputusan tersebut, kecuali Lebanon dan Irak yang menyatakan "reservasi", GCC mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibacakan pada konferensi pers oleh diplomat Bahrain Wahid Mubarak Sayar.

"Resolusi Dewan Liga (menteri luar negeri) termasuk penunjukan Hizbullah sebagai kelompok teroris," kata pernyataan itu.

Hizbullah, organisasi politik Syiah yang memiliki pasukan bersenjata, bertempur di negara tetangga Suriah untuk mendukung pemerintahan rezim Bashar al-Assad.

Liga Arab dan enam anggota GCC yang didukung Arab Saudi telah meningkatkan tekanan pada Syiah Hizbullah sekutu Republik Syiah Iran.

Arab Saudi dan Iran berada dalam pihak yang bertentangan dalam konflik di Suriah dan Yaman.

Pada akhir Februari, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Bahrain mendesak warganya untuk meninggalkan Lebanon atau menghindari bepergian ke sana.

Travel warning ini muncul setelah pemotongan bantuan senilai $ 4 miliar untuk pasukan keamanan Lebanon dalam menanggapi posisi "perperangan" terkait dengan Syiah Hizbullah.

Sumber: Jurnalislam.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment