Foto: Arogansi Cina dan Kronologi Lengkap Insiden KP Hiu 11 di Perairan Natuna Indonesia

Arogansi Cina dan Kronologi Lengkap Insiden KP Hiu 11 di Perairan Natuna Indonesia
Perang Dunia - Deteksi Target Operasi (TO), Sbtu (19/03), Pkl 14.15 dgn posisi 05°05,866'N.109°07,046' E.Jarak 2,7 mil haluan 67° (Posisi di wil Indonesia), TO dikejar & dihentikan, namun kapal tdk mau brhenti. Pihak Kapal Pengawas lalu memberikan tembakan peringatan, namun kapal tersebut tetap berusaha melarikan diri dengan zig zag, sehingga KP Hiu 11 mendekat dan tidak bisa menghindari tabrakan. 3 personil KP Hiu 11 melompat ke kapal tangkapan dan berhasil melumpuhkan. Delapan ABK Kapal tangkapan di pindahkan ke KP Hiu 11. Pemeriksaan & pemindahan ABK kapal tangkapan ke Hiu 11, komandan kapal pengawas La Edi. Pd pkl 15.00 di posisi 05°07,490'N.109°11,830' E. Saat pengawalan,tiba2 satu kapal Coastguard Cina mengejar. KP Hiu 11 coba kontak via radio namun tdk dijawab.Shg KP Hiu 11 lapor ke Lanal

Dgn kec 25 knots, kapal Coastguard China berhasil mendekat. Lalu kapal tsb menyorot dgn lampu sorot dan menabrak kapal tangkapan, Setelah kapal tangkapan berhenti & melihat ada 3 agt KP Hiu 11, mereka tidak jadi naik, namun tetap mengawasi. Akibat tertabrak kapal tangkapan rusak. 3 personel KP Hiu 11 memutuskan kembali ke  KP Hiu 11, meninggalkan kapal tangkapan.

Kapal Coastguard China merapat ke kapal tangkapan pada tanggal 20 Maret 2016, pukul 01.45 WIB dengan Posisi 04°09,942'N 108° 34,824'E. Selanjutnya KP Hiu 11 meninggalkan kapal tangkapan tersebut, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Personel KP Hiu 11 yg on board: Puguh Widodo, jabtan Serang; Apyam Mey Kabarek, jabatan Masinis I; Ariyanto Lubis, jabatan Juru Mudi.

Saat kapal hendak di adhoc, salah 1 ABK coba tarik kemudi, membuat personil a.n. Apyam M Kabarek ambil alih & perintahkan ABK tsb duduk. Proses adhoc ke Natuna/Pontianak, sesuai perkembangan situasi lapangan dan berkordinasi dg Lanal Ranai.

Kapal tangkapan selanjutnya dikawal oleh Lanal keluar dari perbatasan. Seluruh awak kapal pengawas selamat. 8 ABK-nya (China) masih bersama KP Hiu 11, diarahkan ke pulau Tiga Natuna untuk proses lebih lanjut

Posisi saat ini (ketika Konpers), KP Hiu 11 sudah mendekati Natuna.

SARAN TINDAKAN: Protes keras secara diplomatik atas sikap arogansi China; Menghadirkan KRI dengan frekuensi lebih sering dan lebih banyak utk tangkal aktivitas China di Laut Natuna yg masuk dlm klaim mereka; Bangun operasi terintegrasi semua stakeholder termasuk aset udara utk siasati keterbatasan bahan bakar; Perkuat Peran Satgas 115 atas IUUF dengan Command Control Center;

8 ABK Kapal Ilegal Asing berke-WN Cina, diproses sesuai peraturan perundangan; Kedepan, kejadian seperti ini tidak boleh terulang.

Arogansi Cina dan Kronologis Lengkap Insiden KP Hiu 11 di Perairan Natuna Indonesia

Arogansi Cina dan Kronologis Lengkap Insiden KP Hiu 11 di Perairan Natuna Indonesia

Arogansi Cina dan Kronologi Lengkap Insiden KP Hiu 11 di Perairan Natuna Indonesia
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment