Pasukan Yaman Kuasi Jalan Utama yang Diblokir 9 Bulan oleh Syiah Houthi

Pasukan Yaman Kuasi Jalan Utama Dari Syiah Houthi

Perang Yaman Terkini - Taiz – Pasukan Yaman yang didukung oleh koalisi Saudi berhasil mengambil wilayah di pinggiran barat dan selatan kota Taiz.

Menurut sumber-sumber yang ada, bentrokan ini telah menewaskan 57 orang, termasuk 37 milisi Syiah Hutsi, enam warga sipil dan 14 lainnya dari tentara Yaman.

Seorang gubernur di Yaman yang kini di pengasingan Saudi menyatakan pada Jum’at (11/03), “mereka telah membuka kembali jalan utama yang telah diblokir oleh milisi Hutsi selama sembilan bulan”.

Dia juga menuturkan, mereka telah mengupayakan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dan medis untuk sampai ke tangan 200.000 penduduk yang terkepung.

Sebelumnya, seorang sumber dari brigade 35 menegaskan bahwa pasukan Yaman telah merebut daerah al-Misrakh ke selatan dari kota Taiz setelah pertempuran yang menyebabkan banyaknya korban tewas dari kedua belah pihak.

Dalam hal ini, puluhan kendaraan militer milisi Syiah Hutsi juga sedang menuju kota Hadeda di Laut Merah dari pinggiran kota Taiz.

Namun, kota pesisir masih tetap berada di bawah kendali milisi Syiah Hutsi dan sekutu mereka, yang merupakan tentara yang setia pada mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Wilayah Taiz sendiri terletak antara ibukota Sana’a yang dikuasai Hutsi dan kota pelabuhan selatan Aden yang telah diambil kembali oleh tentara Yaman dari tangan pemberontak.

Pada bulan November lalu, pasukan yang setia kepada presiden Abdul Rabbuh Mansour Hadi mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan serangan besar-besaran untuk memecahkan pengepungan di Taiz.

Mengenai konflik Yaman, PBB juga telah melaporkan bahwa lebih dari 6.100 orang telah tewas, yang setengahya merupakan warga sipil sejak koalisi Saudi melancarkan serangan udara di Yaman pada Maret 2015 silam.

Sumber: Kiblat.net

Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment