Bebaskan Wilayah Jaar, Koalisi Arab Saudi Bombardir AQAP

Koalisi Arab Saudi Bombardir AQAP

Perang Yaman - Abyan – Pasukan Yaman dengan dukungan angkatan udara koalisi Teluk mengintensifkan serangan terhadap pejuang Al-Qaidah Yaman (AQAP) di provinsi Abyan. Rencananya, mereka akan melakukan pembebasan wilayah hingga ke kota Jaar.

Dalam operasi ini, tentara Yaman terlibat bentrok dengan para pejuang Al-Kud di selatan Zinjibar. Sementara itu, helikopter Apache koalisi Arab Saudi terus melancarkan serangan ke wilayah yang dikuasai para pejuang AQAP tersebut.

Beberapa sumber medis dan militer mengklaim bahwa serangan ini telah menewaskan 25 pejuang Al-Qaidah Yaman, selain empat tentara Yaman yang juga tewas. Pemerintah Yaman juga mengklaim pasukannya telah mencapai komplek pemerintah di tepi selatan Zinjibar, walau peperangan masih berlangsung di sekitarnya.

Warga sipil juga melihat kehadiran para pejuang AQAP dengan menggunakan topeng dan membawa senjata di jalan-jalan kota. Pekan lalu, pemerintah Yaman mengklaim bahwa pasukannya telah mengusir para pejuang AQAP dari Huta, ibukota provinsi Lahj sebagai bagian dari operasi pengamanan wilayah selatan.

Sebelumnya, koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi dikabarkan telah mempersiapkan operasi darat untuk merebut kota Al-Mukalla, ibukota provinsi Hadramaut dari kontrol mujahidin AQAP. Menurut laporan media, operasi darat ini dipimpin oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Selain itu, perwira UEA juga dilaporkan tiba di kamp militer gabungan di lembah Al-Masilah membawa peralatan tempur, termasuk kendaraan militer dan helikopter canggih Apache. Para perwira itu akan bergabung bersama pasukan lainnya untuk merebut Al-Mukalla.

Walau begitu, sejumlah informasi menyebutkan para pejuang Al-Qaidah telah melakukan persiapan serupa. Persiapan militer itu untuk menghadang serangan pasukan koalisi dan mempertahankan kota yang dikontrol sejak April 2015 itu.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment