BOM Ledakkan Pintu Masuk Peziarah Syiah di Damaskus, 15 Tewas, 50 Terluka

BOM Ledakkan Pintu Masuk Peziarah Syiah di Damaskus

Perang Suriah 2016 - Damaskus – Setidaknya 15 orang tewas dan lima puluh lainnya terluka dalam serangan bom mobil di sebuah pos pemeriksaan militer di pinggiran ibukota Damaskus, Suriah. Kelompok Daulah Islamiyah Al-Bagdadi (ISIS) dikabarkan bertanggung jawab atas serangan ini.

Serangan pada Senin (25/04) ini terjadi di kota al-Diyabiyah, yang berfungsi sebagai salah satu pintu masuk bagi para peziarah Syiah yang ingin mengunjungi makam Sayyidah Zaenab. Daerah tersebut dijaga ketat oleh milisi-milisi Syiah dari berbagai negara, terutama milisi Hizbullah dari Lebanon.

Salah satu penjaga berjaga pos pemeriksaan menceritakan kepada kantor berita AFP bahwa detektor bom mulai berbunyi ketika sebuah truk yang mencurigakan berhenti.

“Kami menghentikan mobil di sebuah pos pemeriksaan dan ketika kami mulai melakukan pencarian mengenai hal ini, mereka lantas meledakkan bom dan menewaskan rekan-rekan saya,” ujarnya.

Militer Suriah sendiri menjadikan kompleks pemakaman Sayyidah Zainab sebagai daerah yang diberlakukan super maximum security. Banyak pos militer didirikan di sekitar kota yang dianggap suci oleh Syiah internasional itu.

Portal berita albawaba.com, melansir dari sejumlah media yang dikenal dekat dengan ISIS, melaporkan bahwa ISIS bertanggung jawab atas serangan ini. Mereka hanya menjelaskan, meluncurkan serangan menargetkan pos militer Suriah di Sayyida Zainab, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Observatorium HAM Suriah membeberkan bahwa para militan ISIS sebelumnya juga telah melakukan pemboman di dekat komplek pemakaman ini pada bulan Februari lalu, yang berhasil menewaskan 134 warga sipil.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment