Tak Cukup Perbekalan, Milisi Cilik Syiah Afghanistan Mati Konyol di Suriah

Milisi Cilik Syiah Afghanistan Mati Konyol di Suriah

Perang Suriah - Teheran – Iran kembali menyaksikan pemakaman mayat-mayat milisinya yang tewas dalam pertempuran di Suriah. Sebanyak 20 mayat dari milisi Syiah Liwa Fhatimiyun, Rabu lalu (20/04), dikuburkan di negara mayoritas Syiah itu.

Seperti dilaporkan kantor berita Al-Arabiya, Kamis (21/04), melansir dari portal Iran, empat dari 20 mayat itu masih berusia anak-anak. Diperkirakan, umur ke empat anak itu berkisar 16 dan 17 tahun.

Sejumlah media Iran juga mengunggah foto ke empat anak malang itu. Seperti biasa, anak-anak tersebut dianggap sebagai pahlawan karena bertempur membela Bashar Assad.

Al-Arabiya menunjukkan, ke empat anak itu bernama Muhammad Husain Ridha (16) dikuburkan di kota Padsasht, Nur Muhammad Dawudi (16) dikubur di kota Dalijan, Raban Maradi dan Musthafa Hishari masing-masing berumur tujuh belas tahun. Hal ini menunjukkan bahwa Iran juga merekrut anak-anak untuk perang di Suriah.

Perlu diketahui, Garda Revolusi Iran menambah militan asal Afghanistan yang bertempur di bawah payung Liwa Fhatimiyun untuk membela rezim Bashar Assad. Banyak komandan dari milisi tersebut tewas dalam berbagai pertempuran di Suriah.

Liwa Fhatimiyun sendiri dibentuk pada akhir 2012, setahun berjalannya konflik di Suriah. Mayoritas anggotanya pengikut Syiah Afghanistan dari suku Hazara. Mereka dilatih militer dan disenjatai oleh Pasukan Al-Quds Iran, sayap militer Garda Revolusi Iran.

Iran juga merekrut warga Afghanistan yang mengungsi di negaranya dengan iming-iming gaji bulanan dan diakui kewarganegaraan. Banyak dari mereka bergabung karena himpitan ekonomi dan kesamaan ideologi Syiah.

Menurut Human Right Watch, sebagian mereka yang enggan bergabung dipulangkan paksa. Sementara sebagian lain melarikan diri keluar Iran.

Sumber: Kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment