Alasan Perangi ISIS, Milisi Syiah Benarkan Bantai Muslim di Kota Fallujah Irak

Milisi Syiah Benarkan Bantai Muslim di Kota Fallujah Irak

Perang Timur Tengah 2016 - Fallujah – Khatib terkemuka kota Fallujah, Ayad Al-Muhammadi, mengungkapkan bahwa pernyataan sejumlah politikus dan komandan milisi Syiah menunjukkan ingin membumihanguskan penduduk kota Fallujah, baik laki-laki, perempuan dan anak-anak. Sebab, Fallujah merupakan salah satu simbolisme kota penting di Iraq maupun Internasional.

“Kota Fallujah telah dikepung selama lebih dari dua tahun oleh organisasi ISIS, yang menghimpit warga sipil. Kini milisi Syiah di sana ingin merebut kota Fallujah. Pemimpin mereka mengancam akan membakar kota dan seluruh penduduknya, terbukti dengan sering terjadinya penembakan secara sembarangan ditengah kota,” ujar Ayad Al-Muhammadi dilansir melalui Rudow, media milik Kurdi Iraq, Jum’at, (27/05).

Dia menunjukkan milisi Syiah beberapa hari terakhir mebombardir kota Fallujah menggunakan rudal dan artileri. Sehingga, banyak korban tewas dari anak-anak atas pemboman ini. 

Tercatat, sejak awal operasi hingga kini jumlah korban melebihi dari 100 orang, sebagian besar anak-anak dan perempuan.

“Kota Fallujah memiliki simbolisme internasional, dan memiliki banyak posisi penting atau strategis di Irak. Sehingga milisi Syiah ingin menjatuhkan pamor kota Fallujah, dan membalaskan dendam mereka dengan segala upaya,” katanya.

Kondisi ini mengakibatkan warga Fallujah terkepung dan terancam terbunuh jika hendak melarikan diri dari kota Fallujah. Organisasi yang berkuasa di kota tersebut, ISIS juga menutup semua akses jalan keluar dari Fallujah.

“Keluarga yang selamat berhasil keluar dari kota Fallujah mengatakan, ada beberapa keluarga yang berhasil melarikan diri dari ISIS melalui akses menuju kota Amiriyah Fallujah sebuah kota di provinsi Al Anbar, sekitar 30 km sebelah selatan dari Fallujah. Alasannya, karena organisasi ISIS ini menutup semua jalan, sehingga tidak memungkinkan bagi warga untuk keluar dari kota tersebut,” ujar Ayad Al-Muhammadi.

Kepala pemerintah Irak, Panglima Angkatan Bersenjata Haider al-Abadi mengumumkan Senin lalu, atas peluncuran serangan militer ke kota Fallujah. Hal itu dilakukan dengan segala bentuk angkatan bersenjata Irak, demi merebut kendali organisasi ISIS di kota tersebut.

Sebagaimana diketahui, kota Fallujah merupakan basis warga Sunni di Iraq. Sementara para pemegang pemerintahan saat ini mayoritas pengikut Syiah. Tidak hanya itu, pemerintah juga menggandeng milisi-milisi sipil Syiah untuk memerangi ISIS, yang tak jarang dimanfaatkan oleh milisi Syiah untuk menargetkan warga Sunni.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment