Kuasai Khan Tuman, Strategi Jitu Jaisyul Fath Merebut Kota Aleppo

Operasi Pembebasan Khan Tuman

Perang Aleppo Suriah 2016 - Pejuang Suriah berhasil merebut sebuah desa strategis di luar Aleppo yang bisa membuka rute pasokan baru ke daerah kota yang sebelumnya telah dikuasai oleh pejuang suriah.

Serangan yang dipimpin oleh Jabhah Nusrah dapat mengambil alih Khan Touman ke selatan Aleppo pada hari Jumat, sesaat sebelum gencatan senjata jangka pendek (48 jam) di kota itu.

Keberhasilan ini akan membuka rute alternatif baru bagi pejuang suriah untuk memberi pasokan senjata dari kota Idlib yang telah dikuasai dan di kontrol sepenuhnya oleh pejuang suriah.

Tentara Syiah Assad telah berusaha untuk mengepung pejuang suriah di kota guna memotong rute pasokan mereka dari utara.

Sumber mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kelompok-kelompok yang terlibat dalam serangan tersebut termasuk Ahrar al-Sham, Ajnad al-Sham, dan faksi-faksi lain di bawah komando Jaisyul Fath.

Kelompok aktivis yang berbasis di Inggris, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan lebih dari 73 orang tewas dalam bentrokan di Khan Tuman dan desa-desa disekitarnya, termasuk seorang anggota Jabhah Nusrah yang diduga melakukan bom bunuh diri.

Kelompok ini merilis jumlah korban tewas di pihak tentara syiah assad berjumlah 30 dan di pihak pejuang suriah menewaskan 43 orang disamping pula terdapat puluhan pasukan terluka di kedua sisi.

Sumber: aljazeera.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment