Pejuang Suriah Patahkan Serangan Balik Syiah Assad Rebut Khan Touman

Serangan Balik Syiah Assad Rebut Khan Touman

Perang Aleppo Suriah 2016 - Pesawat-pesawat tempur Suriah menyerang pejuang Suriah di dekat kota utara Aleppo pada hari Minggu, kedua belah pihak mengatakan, serangan ini adalah upaya syiah assad untuk kembali berusaha merebut daerah-daerah yang telah dikuasai oleh pejuang suriah.

Puluhan serangan udara menghantam kota dekat Khan Touman, dimana pada hari kamis sebelumnya telah direbut oleh pejuang suriah dari pasukan setia pemerintah syiah assad dan sekutunya Iran, pejuang suriah dan media pemerintah melaporkan.

Aleppo salah satu kota strategis dan terbesar kedua saat ini telah memasuki perang yang ke 6 tahun dimana wilayah tersebut telah terbagi dan terpecah sebagian dikuasai syiah assad dan sebagian lainnya oleh pejuang suriah melalui banyak peperangan antara kedua belah pihak. Wilayah ini cukup strategis dan begitu diributkan dan menjadi perebutan dikarenakan jalur lintasan diwilayah ini merupakan rute pasokan dari/ke tetangga Turki.

Tentara syiah assad mengatakan telah memukul pejuang Suriah pada hari Minggu, tetapi tidak memberikan rincian dari setiap keuntungan yang diperoleh.

Namun Manar sebagai media pendukung dari kelompok syiah Hizbullah yang didukung Iran untuk mendukung pasukan pemerintah syiah assad di daerah itu, mengatakan bahwa pertempuran sengit masih berlangsung terhadap pejuang suriah.

Tapi Khan Touman desa yang telah dikuasai Kamis oleh aliansi gerilyawan Islam yang dikenal sebagai Jaish al-Fatah, termasuk Jabhah Nusrah affiliasi Al Qaeda, berhasil mematahkan serangan balik oleh pasukan syiah assad dan milisi syiah lainnya.

Hilangnya kota selatan Aleppo tersebut merupakan pukulan berat bagi pasukan Iran dan salah satu kekalahan dan kerugian terbesar dalam konflik ini.

Jabhah Nusrah yang tidak termasuk dalam perjanjian gencatan senjata di Suriah - informasi yang dihimpun dari banyak media sosial saat ini terus bergerak jauh ke selatan menuju kota al Hader untuk merebut markas utama Hizbullah dan pasukan Iran.

Konflik Suriah, yang dimulai dengan protes sebagian besar damai terhadap pemerintah syiah assad, telah jatuh ke dalam perang sektarian yang telah menarik kekuatan regional dan global, mengakibatkan jumlah orang yang tewas paling sedikit 250.000 orang dan pengungsi setengah dari populasi penduduknya.

Sumber: reuters.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment