Pertarungan Paling Brutal Fatah Halab Melawan Tentara Syiah Assad

Fatah Halab Aleppo Conquest

Perang Suriah Terbaru 2016 - Pertempuran sengit berkecamuk semalam di tepi kota kedua Suriah, Aleppo, setelah serangan balasan para pejuang anti-Assad, seorang koresponden AFP mengatakan pada hari Rabu (04/05/2016).

Sebuah koalisi faksi-faksi perlawanan di Aleppo yang berjuang dengan nama "Fatah Halab" - atau Aleppo Conquest - meluncurkan serangan balik terhadap pasukan Syiah Nushairiyah Bashar al-Assad dengan bom terowongan pada hari Selasa.

Fatah Halab maju dari pinggiran barat kota ke kabupaten yang dikuasai rezim, pertempuran berlangsung hingga Rabu pagi, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan.

Kepala Observatorium Rami Abdel Rahman mengatakan pertempuran itu "adalah pertempuran yang paling brutal di Aleppo dalam lebih dari satu tahun."

Monitor berbasis di Inggris tersebut tidak segera mengetahui jumlah yang tewas.

Bentrokan intens berlangsung sepanjang malam, dengan tembakan artileri berat dan serangan udara terdengar di seluruh kota metropolis yang telah hancur, seorang koresponden AFP di kota itu mengatakan.

Serangan udara di lingkungan timur yang dikuasai mujahidin mereda saat pesawat tempur rezim terfokus pada pertarungan di barat, katanya.

Pagi hari, bentrokan reda tapi warga yang lelah pesimis ketenangan tidak akan berlangsung lama.

"Saya tidak berpikir serangan udara akan berhenti, karena keputusan untuk menghentikan penembakan tidak berada di tangan Assad - namun di tangan sekutu Rusia-nya," kata Mahmoud Sendeh, seorang aktivis berusia 26 tahun di timur kabupaten Aleppo.

"Sampai sekarang, sepertinya Rusia tidak ingin kedamaian di Aleppo," kata Sendeh kepada AFP.

Hampir dua pekan serangan Rusia dan rezim Nushairiyah di Aleppo telah menewaskan lebih dari 270 warga sipil.

Washington dan Moskow bekerja sama menyertakan Aleppo dalam "rezim keheningan (regime of silence)" - pembekuan pertempuran - untuk memperkuat gencatan senjata parsial di tempat tersebut sejak 27 Februari.

Sejak 2012, kota Aleppo telah terbagi oleh pertempuran yang memisahkan pasukan rezim dan sekutunya di barat dengan faksi mujahidin dan kelompok perlawanan lainnnya di timur.

Tapi di pinggiran kota, situasinya terbalik: faksi-faksi mujahidin telah hampir mengelilingi setengah bagian barat kota Aleppo.

Koalisi Fatah Halab telah mencoba mendorong masuk dari pinggiran barat ke wilayah yang dikuasai rezim Nushairiyah, termasuk dalam serangan besar tahun lalu yang juga dimulai dengan ledakan terowongan besar.

Dewan Keamanan PBB telah mengadakan pembicaraan darurat membahas krisis Suriah di hari Rabu setelah seruan untuk bertindak oleh Perancis dan Inggris.

Juga pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier menemui utusan PBB Suriah Staffan de Mistura, pemimpin oposisi utama moderat Suriah Riad Hijab dan diplomat Perancis Jean-Marc Ayrault di Berlin untuk menekan perdamaian.

Lebih dari 360.000 orang tewas dan jutaan lainnya terpaksa mengungsi sejak perang Suriah meletus pada Maret 2011

Sumber: jurnalislam.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment