Rebut Kota Fallujah Irak, Seluruh Milisi Syiah Berkumpul Bumi Hanguskan Kota dan Penduduknya

Seluruh Milisi Syiah Berkumpul Bumi Hanguskan Kota dan Penduduk Fallujah

Perang Timur Tengah 2016 - Fallujah – Milisi Hizbullah Iraq dilaporkan terlibat dalam pertempuran di Fallujah. Hizbullah membantu pasukan Iraq untuk merebut kota tersebut dari ISIS. Kementerian Pertahanan Iraq sebagaimana dikutip dari AP, Kamis (26/05) membenarkan hal ini, bahwa milisi yang memiliki basis induk di Lebanon itu membantu pasukannya.

Sebelumnya, milisi Hizbullah Iraq mengunggah video di YouTube yang menunjukkan sebuah konvoi besar sistem peluncur roket yang dikirim ke garis depan dekat Kota Fallujah, Iraq. Militer Iraq mengatakan pasukan Baghdad berusaha untuk memperketat pengepungan Fallujah dengan bergerak maju di garis pertempuran di dekat Desa Khalidiya.

Selain Hizbullah, kelompok milisi Syiah Iran, Harakat Al-Nujaba yang mendukung operasi militer di Iraq dan Suriah juga telah melakukan persiapan untuk membantu pasukan Iraq dalam merebut Fallujah. Mereka mengatakan sedang membersihkan jalan di provinsi Anbar timur dan telah melakukan persiapan serangan.

Bahkan, Kepala Pasukan Quds dari sayap Garda Revolusi Iran, Qassem Soleimani, juga terlihat berada di dekat Kota Fallujah.

Pasukan Iraq telah membombardir wilayah Fallujah utara dan timur laut untuk memerangi ISIS. Penduduk setempat mengkonfirmasi serangan hebat itu melalui saluran internet.

Menurut sumber rumah sakit utama di kota Fallujah, setidaknya terdapat 4 warga sipil tewas dan 19 lainnya terluka oleh tembakan artileri di pusat Fallujah. Jumlah korban tewas sejak awal operasi militer pada hari Senin lalu mencapai 47 orang, 30 dari mereka warga sipil dan 17 lainnya dari militan.

Sementara itu, Asosiasi Ulama Muslim Iraq, sebuah organisasi yang dibentuk setelah penggulingan Saddam Hussein yang mewakili kelompok Muslim Sunni, mengutuk serangan terhadap Fallujah sebagai tindakan agresi yang tidak adil. “Refleksi dari semangat dendam bahwa kekuatan jahat melawan kota ini,” kata asosiasi itu.

Sebaliknya, kelompok ulama Syiah Iraq mendukung serangan ini. Mereka mendesak pasukan pemerintah untuk berusaha keras merebut kembali Kota Fallujah dari kelompok ISIS.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment