Singkirkan Assad, Saudi Tegaskan Akan Terus Beri Dukungan Militer Kepada Pejuang Suriah

Iran Biang Kerok Isu Sektarian Timur Tengah

Perang Suriah 2016 - Menteri luar negeri Saudi, Adel al-Jubeir, menegaskan bahwa negaranya akan terus memberikan dukungan militer kepada kelompok mujahidin Suriah hingga Syiah Bashar al-Assad tumbang atau menerima negosiasi politik.

Pernyataan ini dikatakan Menlu Adel al-Jubeir dalam konferensi pers bersama dengan Kepala Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Morgana, di kota Jeddah pada hari Senin (30/05) kemarin.

“Ada pandangan berbeda antara Saudi dengan Uni Eropa khususny terkait dengan konflik di Suriah, Irak, Yaman, dan Libya. Kita tahu bersama bahwa sangat sulit untuk menegakkan resolusi PBB berkaitan dengan krisis Suriah, khususnya setelah ada negara besar yang mencoba melindungi Syiah Assad,” ujar Menlu Adel al-Jubeir.

Menlu Adel al-Jubeir melanjutkan, “Kami tahu bahwa ada konsensus internasional mengenai solusi politik di Suriah berdasarkan hasil perundingan Jenewa 1 dan resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2254. Akan tetapi kami akan terus memberikan dukungan militer kepada kelompok mujahidin moderat Suriah.”

Menurut Adel al-Jubeir, Presiden Syiah Assad tidak serius untuk menyelesaikan konflik di negaranya secara damai, terlebih setelah penolakannya untuk memulai proses transisi nasional sebagai solusi damai konflik yang telah berlangsung sejak tahun 2011. 

Sumber: eramuslim.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment