Koalisi Arab Bantai Seorang Pemimpin dan 40 Syiah Houthi di Perbatasan Yaman

Koalisi Arab Bantai Seorang Pemimpin dan 40 Syiah Houthi di Perbatasan Yaman

Perang Yaman 2016 - Pasukan Saudi yang didukung dengan serangan udara dari Koalisi Arab telah menewaskan seorang pemimpin Houthi yang didukung Iran dan 40 milisi lainnya di dekat perbatasan barat daya KSA dengan Yaman, Al Arabiya News Channel melaporkan pada hari Kamis.

Saleh al-Houthi Mouawad Kibsi, pemimpin Houthi yang tewas, bertanggung jawab atas operasi militer milisi Houthi di wilayah Yaman yang berbatasan dengan kota Najran, barat daya Arab Saudi.

Dilaporkan bahwa Kibsi tewas bersama dengan saudara dan dua pengawalnya.

Kamis pagi, koalisi yang dipimpin Arab Saudi juga meluncurkan serangan udara di area ibukota Houthi, Sanaa dan daerah sekitarnya, menargetkan pangkalan udara dan gudang senjata yang dikuasai Houthi.

Sumber mengatakan kepada Al Arabiya News Channel bahwa serangan juga menargetkan daerah-daerah di mana terjadi pertempuran sengit antara milisi Houthi melawan pasukan pemerintah sah Yaman.

Sejak Selasa, koalisi Arab kembali menjalankan Operation Restoring Hope terhadap Houthi dan pasukan pro mantan presiden Ali Abdullah Saleh setelah pembicaraan damai yang diadakan PBB di Kuwait berakhir tanpa kesepakatan.

Operasi itu diperpanjang setelah Houthi mulai meluncurkan operasi di perbatasan Saudi, yang disebut Riyadh sebagai sebuah “garis merah”.

Houthi dan Kongres Rakyat Umum (GPC) bentukan Saleh mengendalikan sebagian dari Yaman bagian utara sementara pasukan pemerintah Yaman menguasai wilayah lainnya dengan bantuan suku-suku lokal.

Pertempuran akibat pemberontakan Houthi di mana lebih dari 6.400 orang telah tewas – setengah dari mereka warga sipil – telah menciptakan krisis kemanusiaan di salah satu negara termiskin di Timur Tengah.

Sumber: middleeastupdate.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment