Koalisi Arab Hancurkan Gudang Senjata Syiah Houthi

Koalisi Arab Hancurkan Gudang Senjata Syiah Houthi

Perang Yaman 2016 - Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi Selasa (9/8) kemarin melancarkan serangan udara pada basis pemberontak Syiah Houthi dan gudang senjata mereka di Gunung Al-Hitari, Kabupaten Hayfan, selatan Taiz, Asharq Al-Awsat melaporkan, Rabu (10/8) .

Serangan udara juga menargetkan sebuah peluncur roket Katyusha di Wirzan, selatan Dimnah Khadeer yang terletak di Taiz timur.

Operasi terhadap basis pemberontak Houthi dan gudang senjata mereka kemudian dilanjutkan di Kota Al-Mokha, Muwazza’ah Assahiliyya dan Jabal Al-Naar. Gempuran tersebut menyebabkan banyaknya milisi Syiah itu tewas dan peralatan militer mereka rusak.

Selanjutnya, terjadi bentrokan di Provinsi Taiz antara kekuatan militer pemerintah yang sah (tentara nasional Yaman dan Perlawanan Rakyat) di satu sisi, melawan pemberontak Syiah Houthi dan pasukan yang setia kepada mantan Presiden Saleh di sisi lain pada beberapa front pertempuran berbeda di Taiz. Pertempuran terkonsentrasi di distrik Al-Silw, Taiz tenggara.

Distrik Al-Silw menjadi ajang pertempuran sengit yang terkonsentrasi di daerah Al-Rassa di pegunungan Al-Silw. Sebanyak 16 anggota milisi Syiah Houthi tewas dan puluhan dari mereka terluka. Milisi Houthi melancarkan serangan dengan menggunakan berbagai jenis senjata menargetkan posisi pasukan Perlawanan Rakyat dan tentara nasional Yaman di daerah Sharaf, pegunungan Al-Silw.

Pertempuran ini terjadi setelah milisi Houthi berusaha menyusup ke basis milik tentara nasional dan perlawanan rakyat di wilayah tersebut. Daerah-daerah ini sekarang dikuasai kembali oleh pasukan yang sah setelah sebelumnya berada dalam kendali milisi pemberontak Houthi yang merebut semua wilayah dari tentara nasional dan benteng Perlawanan Rakyat pada front Hayfan, selatan Taiz.

Serangan terhadap pemberontak itu adalah langkah pre-emptive untuk mencegah mereka memasuki dan menyerang distrik Al-Mawasit; yang memungkinkan milisi Syiah tersebut mencapai jalur utama antara provinsi Aden dan Taiz.

Sumber: salam-online.com
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment