Ribuan Warga Kota Aleppo Turun ke Jalan Sambut Pembebasan Kota Oleh Pejuang Suriah

Video: Helikopter Rezim Syiah Assad Hancur di Hantam Roket Pejuang Suriah

Perang Suriah 2016 - Ribuan warga sipil di kota Aleppo yang terkepung turun ke jalan hari ini (Senin (1/8) untuk mendukung jihadis yang datang untuk membebaskan kota mereka.

“Warga Aleppo; anak-anak, perempuan dan laki-laki menolak untuk pergi ke tempat penampungan. Mereka turun ke jalan untuk mendukung mujahidin,” kata aktivis melaporkan di media sosial hari ini.
Selama beberapa pekan terakhir, warga sipil Aleppo dikepung oleh rezim Assad. Pasukan rezim Suriah dan milisi Iran, Selasa (26/07), telah memutus seluruh jalur logistik menuju wilayah yang dikontrol oposisi di Suriah Utara itu. Sebanyak 300 ribu warga terancam krisis makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok lainnya.


Organisasi kemanusiaan terbesar internasional memperingatkan bencana kemanusiaan di Aleppo Utara, setelah gempuran terhadap pusat medis dan jalan Alcalestelo, satu-satunya jalan yang menghubungkan wilayah oposisi di Aleppo dengan dunia luar. Situasi itu mengancam kelaparan dan berhentinya pelayanan medis.

UNICEF, lembaga kemanusiaan dunia yang fokus pada anak-anak, Selasa (26/07), melaporkan setidaknya empat rumah sakit di Aleppo Utara—Rumah Sakit Daqa, Bayan, Hakim dan Zahra— mengalami gempuran berulang kali pada tanggal 23 dan 24 Juli lalu. Hal itu mengakibatkan pelayanan kesehatan bagi kehidupan ribuan warga sipil terhenti.

Beberapa hari lalu, kementerian pertahanan Rusia dan rezim Assad telah mengumumkan pembukaan perlintasan kemanusiaan dari lingkungan yang terkepung di kota Aleppo ke kawasan yang dikendalikan oleh rezim. Pengumuman diedarkan dalam bentuk selebaran yang dijatuhkan oleh helikopter ke wilayah timur kota Aleppo.

Namun, Aktivis HAM Suriah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa warga yang melintasi penyeberangan itu akan rentan terhadap sergapan oleh pasukan rezim dan aparat keamanannya. Mereka bisa saja ditangkap, dibunuh dan disiksa. Hal ini didasarkan kepada pengalaman sebelumnya di Homs.

Sumber: kiblat.net
Share on Google Plus

About Kerja Admin

Beritayaman.blogspot.com adalah Media Online penyaji berita terbaru dan terkini Dunia Timur Tengah. Selamat Menikmati Sajian Info Kami.
    Blogger Comment
    Facebook Comment